-Bild von Chemie-

-Bild von Chemie-
"The most beautiful thing we can experience is the mysterious. It is the source of all art and scien"-----"it is not enough to have a goog mind, the main thing is to use it well"
Jadwal Waktu Shalat Wilayah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Jadwal Waktu Shalat Wilayah Semarang

"Selalu ada Allah SWT, maka berharaplah kepada-Nya" (Kasmui@Allah.SWT)
Home

Jumat, 21 November 2014

HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI

Standard

Kimia adalah ilmu yang mempelajari susunan, struktur, sifat dan perubahan materi serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

A. HIDROKARBON
Atom karbon merupakan atom paling banyak yang menyusun tubuh makhluk hidup dan di alam semesta, senyawa dari atom karbon menduduki jumlah terbanyak. Senyawa yang disusun oleh atom karbon dinamakan senyawa karbon atau senyawa organik. Senyawa karbon paling sederhana adalah hidrokarbon yang hanya mengandung karbon (C) dan hidrogen (H). Di alam, hidrokarbon banyak ditemukan pada minyak bumi dan gas alam.
Mengapa atom karbon menjadi atom penyusun senyawa terbanyak di alam semesta ini? Apakah atom karbon mempunyai sifat khusus, sehingga dapat membentuk senyawa yang paling banyak di alam semesta ini?

B. KEUNIKAN ATOM KARBON
Atom karbon mempunyai nomor atom 6, (konfigurasi elektronnya = 2. 4) sehingga dalam sistem periodik terletak pada golongan IVA dan periode 2. Keadaan tersebut membuat atom karbon mempunyai beberapa keistimewaan sebagai berikut.

  • Atom Karbon Memiliki 4 Elektron Valensi
Berdasarkan konfigurasi elektronnya, atom karbon memiliki elektron valensi. Untuk mencapai kestabilan, atom karbon membutuhkan 4 elektron lagi dengan cara berikatan kovalen. Atom karbon dapat berikatan dengan sesama atom karbon maupun dengan atom non logam lainnya, misalnya atom hidrogen dan oksigen

  • Atom Unsur Karbon Relatif Kecil
Ditinjau dari konfigurasi elektronnya, dapat diketahui bahwa atom karbon terletak pada periode 2, yang berarti atom ini mempunyai 2 kulit atom, sehingga jari-jari atomnya relatif kecil. Hal ini menyebabkan ikatan kovalen yang dibentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen rangkap.
  • Atom Karbon Dapat Membentuk Rantai Karbon
Atom karbon dapat membentuk rantai karbon yang sangat panjang dengan ikatan kovalen, baik ikatan kovalen tunggal (C – C) atau jenuh dan ikatan kovalen rangkap (tidak jenuh), yaitu ikatan rangkap dua (C = C) dan rangkap tiga (C ≡ C). Selain itu dapat pula membentuk rantai lingkar (siklik).
C. SUSUNAN RANTAI KARBON
Berdasarkan bentuk rantainya, hidrokarbon dibedakan menjadi rantai karbon terbuka (alifatik), terdiri dari rantai lurus dan bercabang, dan rantai karbon tertutup (siklik).
Hidrokarbon siklik dapat dibedakan menjadi

  • Hidrokarbon alisiklik, yaitu hidrokarbon yang hanya mempunyai ikatan tunggal
  • Hidrokarbon aromatis adalah hidrokarbon siklik yang terdiri atas 6 atom karbon atau lebih yang memiliki ikatan rangkap dua terkonjugasi (selang-seling), contoh: benzene
 

0 komentar:

Posting Komentar