-Bild von Chemie-

-Bild von Chemie-
"The most beautiful thing we can experience is the mysterious. It is the source of all art and scien"-----"it is not enough to have a goog mind, the main thing is to use it well"
Jadwal Waktu Shalat Wilayah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Jadwal Waktu Shalat Wilayah Semarang

"Selalu ada Allah SWT, maka berharaplah kepada-Nya" (Kasmui@Allah.SWT)
Home

Rabu, 19 November 2014

KARBON MEMBUAT HIDUP JADI MUNGKIN!

Standard


Dari Sembilan puluh dua unsur yang ada secara alami. Beberapa lebih menarik perhatian kita dari pada yang lain: Hidrogen, karena perannanya dalam asam; Oksigen, karena reaktivitas dan kesukaannya pada Hidrogen; tapi hanya satu unsur yang layak punya cabang ilmu kimia sendiri : Karbon.
Berkat empat elektron luarnya, atom karbon dapat berikatan satu sama lain untuk membentuk rantai panjang, dengan atom - atom lain menempel pada elekton-elektron yang tersisa. Yang paling sederhana diantara rantai-rantai ini adalah Hidrokarbon, yang tidak mengandung apapun selain karbon dan Hidrogen.


Minyak mentah sebagian besar terdiri dari senyawa hidrokarbon. Karena rantai panjang punyatitik didih lebih tinggi daripada yang pendek, kilang minyak bisa memisahkan(“fraksionasi”) mereka menurut panjangnya dan kemudian secara kimiawi ”memutus” rantai-rantai panjang menjadi rantai yang lebih pendek. Bensin adalah campuran rantai dengan 5-10 karbon (oktana punya 8).
Hidrokarbon seperti diatas, dengan ikatan tunggal disebut ALKANA. Adanya ikatan rangkap dua mengubah alkana menjadi alkENA, dan ikatan rangkap tiga menjadikan alkUNA.











Dua senyawa dengan rumus kimia yang sama dapat memiliki struktur berbeda, varian molekul yang “sama” ini disebut isomer.

Kimia organik itu sebagian ilmu kimia, sebagian permainan nama, dan sebagian geometri.

KENAPA KARBON DAN HANYA KARBON ?
Silicon yang terletak dibawah karbon dalam table berkala unsure, juga punya empat elektron luar, tetapikita tidak melihat rantai hidro silicon.

6
C
12.01
14
Si
28.09
32
Ge
72.59
50
Sn
18.7
82
Pb
2017.2

Satu alasan adalah bahwa ikatan C-C sangat kuat. Atom karbon kecil, jadi awan elektron yang dibagi dekat dengan nuclei, yang menariknya dengan sangat kuat.
Ikatan C-C bahkan lebih kuat daripada ikatan C-O. ini berarti bahwa rantai karbon yang stabil dapat terbentuk saat ada oksigen. Sebaliknya ikatan Si-Si jauh lebih lemah daripada ikatan Si-O. oksigen mengacaukan rantai silikon. Sebgian besar silicon di bumi eksis sebagi SiO2 (pasir) atau SiO32-dalam batuan silikat. Bahkan kamu sering melihat minyak dan pasir berdampingan.
Perhatikan juga bahwa dua ikatan C-C lebih kuat daripada satu ikatan C=C.
Karbon lebih menyukai ini:
 
Daripada ini:
  
Tiga ikatan tunggal juga lebih kuat daripada satu ikatan rangkap tiga. Akibatnya rantai yang panjang lebih disukai daripada rantai yang pendek.
Molekul karbon yang besar dan rumit membentuk bahan - bahan penting kehidupan… bahkan, senyawa karbon begitu akrab terlibat dengan system-sistem hidup sehingga para ahli kimia mmenyebut semua senyawa karbon sebagai senyawa organik.
Karbon membuat hidup jadi mungkin!

0 komentar:

Posting Komentar